Jadwalkan Nyala Lampu Kini Bisa Lewat Google Assistant

Ilustrasi; Google Assistant. (Lifehacker Australia)

Google Assistant sekarang memungkinkan pengguna menjadwalkan lampu dan perangkat lain untuk menyala dan mati pada waktu tertentu dengan fitur “tindakan terjadwal”, menurut Android Police , yang mengutip dokumentasi pengembang Asisten Google .

Asisten Google telah bekerja dengan Hue dan lampu smart lainnya selama beberapa waktu, untuk menyalakan dan mematikannya serta menyetel alarm. Namun, kini pengguna dapat memberikan perintah pada Asisten virtual Google dengan tepat kapan Anda ingin menyalakan lampu dan perangkat lain di smart home.

Dilansir dari verge, anda harus benar-benar spesifik jika Anda ingin menjadwalkan lampu (atau perangkat lain) untuk menyalakan atau mematikannya. Kalau hanya mengatakan sesuatu seperti, “Hai Google, nyalakan lampu besok jam 20.00” saja ternyata tidak disarankan. Lebih baik mengatakan “Hai Google, nyalakan lampu hari Selasa jam 8 malam”.

Advertisements

Namun, seperti yang terlihat pada dokumentasi pengembang Asisten Google, Anda dapat menentukan “matahari terbit” dan “matahari terbenam” sebagai waktu untuk menyetel lampu agar menyala atau mati sehingga tidak perlu menyebutkan jam tepatnya. Anda juga dapat menggunakan Asisten Google untuk menjadwalkan berapa lama waktu agar lampu tetap menyala, seperti “nyalakan lampu selama 15 menit”.

Meski terdengar sangat membantu, tampaknya fitur ini belum digulirkan Google secara menyeluruh. Pasalnya, sejumlah pengguna mencatat bahwa fungsi untuk membatalkan tindakan terjadwal tampaknya tidak berfungsi, sebagaimana dikutip dari The Verge, Jumat (27/11). Namun menurut dokumentasi rumah pintar Asisten Google, fitur-fitur ini kemungkinan besar akan segera hadir dan berfungsi dengan baik.