Klarifikasi WhatsApp Terkait Kebijakan Berbagi Data Dengan Facebook

Ilustrasi; Facebook dan WhatsApp. (Ad Age)

Aplikasi pesan WhastApp baru-barui ini, melakukan pembaruan kebijakan privasi dan persyaratan layanan bagi pengguna. Terkait kebijakan privasi dan persyaratan layanan barunya yang mengharuskan pengguna berbagi data ke Facebook jika ingin tetap menggunakan layanan komunikasi tersebut.

Hal ini disampaikan lewat pemberitahuan yang muncul di aplikasi layanan pesan instan itu kepada pengguna. Tanpa menyatakan setuju dengan perubahan kebijakan privasi dan persyaratan layanan, pengguna tak bisa mengakses Whatsapp.

WhatsApp menjelaskan bahwa kebijakan tersebut sudah mereka terapkan sejak tahun 2016 lalu.

Advertisements

“Sejak 2016, WhatsApp telah membagikan sejumlah data terbatas dengan Facebook di ranah backend, khususnya untuk kebutuhan infrastruktur. Tidak ada perubahan baru di update kebijakan ini,” ungkap WhatsApp lewat keterangan tertulis, Jumat (8/12).

WhatsApp menegaskan bahwa update awal 2021 ini menekankan pada perpesanan WhatsApp Business, yang kini dapat menggunakan infrastruktur hosting Facebook untuk percakapan WhatsApp-nya.

Selain itu, WhatsApp turut menegaskan bahwa dalam kebijakan privasi dan persyaratan layanan baru, pihaknya masih menggunakan sistem enkripsi secara end-to-end, sehingga baik WhatsApp maupun Facebook tidak dapat mengakses percakapan pribadi pengguna.