Smartphone Android Bisa Mainkan Game Xbox

Phone Arena – merilis informasi bahwa Microsoft baru saja memperkenalkan Xbox Console Streaming untuk ponsel Android. Sesuai namanya, melalui aplikasi ini pengguna Xbox akan dapat memainkan game yang dimilikinya melalui ponsel Android lewat mekanisme streaming. Namun jangan bayangkan aplikasi ini akan bekerja seperti Google Stadia yang tak membutuhkan konsol tambahan.

Advertisements
Sebab untuk memainkan game lewat Xbox Console Streaming, pengguna tetap membutuhkan konsol Xbox One. Cara kerja Xbox Console Streaming pun bisa dibilang lebih mirip dengan PS4 Remote Play. Pengguna hanya berpindah medium permainan dari konsol ke ponsel.
Untuk bermain game Xbox lewat Xbox Console Streaming, ponsel Android yang digunakan minimal harus dibekali sistem operasi Android 6.0. Koneksi internet yang dibutuhkan pun harus cukup cepat agar dapat meminimaliasasi terjadinya lag atau gerakan putus-putus. Koneksi minimum yang direkomendasikan adalah 10 Mbps download speed dan 4,75 Mbps upload speed. Perlu dicatat agar pengguna bisa menyalakan dan memainkan Xbox One dari jarak jauh, opsi “instant-on” pada konsol Xbox yang digunakan harus menyala.
Selain Xbox Console Streaming, Microsoft juga sejatinya tengah menggarap layanan streaming game xCloud. Layanan ini serupa dengan Google Stadia di mana pengguna cukup berlangganan layanan setiap bulan dan menyediakan koneksi internet cepat untuk bisa memainkan game berkualitas tinggi pada perangkat Android.(RKZ)