Susah Cari Judul Lagu ? Gunakan Aplikasi ini

Shazam – memang terbukti dapat mengenali beberapa lagu secara tepat, tak terkecuali untuk musik dalam negeri. Untuk melakukan proses pengenalan lagu (tag) pada aplikasi ini pun sangat mudah, pengguna hanya perlu mendekatkan ponsel pada sumber lagu kemudian melakukan tag dengan menyentuh logo aplikasi Shazam.

Shazam dikembangkan oleh Shazam Entertainment Limited yang didirikan pada tahun 1999 oleh Barton dan Inghelbrecht. Pada tahun 2016, Shazam dilaporkan telah diunduh sebanyak 1 miliar kali, dan para penggunanya telah melakukan 30 miliar “Shazams” sejak diluncurkannya aplikasi tersebut.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, dimana Shazam akan mengidentifikasi lagu berdasarkan sidik jari audio yang berdasar pada grafik frekuensi waktu yang disebut spektogram. Perusahaan telah menyimpan katalog sidik jari audio di dalam database mereka.

Aplikasi ini akan menggunakan mikrofon internal untuk mengumpulkan sampel audio singkat untuk kemudian dilakukan analisis dan mencari kecocokan berdasarkan sidik jari akustik dalam basis data yang berisi lebih dari 11 juta lagu.

Jika terdapat kecocokan, aplikasi tersebut akan mengirimkan informasi berupa judul lagu, artis, dan album ke penggunanya.

Cara Menggunakan Aplikasi Shazam untuk Menemukan Judul lagu

Aplikasi untuk menemukan judul lagu ini sudah tersedia di Android dan iOS. Tapi kali ini kami akan menggunakan Android untuk uji coba. Bagi kalian yang menggunakan iOS, sebenarnya caranya tidak jauh berbeda. Silahkan download Shazam di PlaySotre atau AppStore.

Ada dua mode pencarian judul lagu yang ditawarkan oleh aplikasi ini, yang pertama adalah mode “Shazam”, dan yang kedua adalah mode “Auto Shazam”. Perbedaannya adalah, mode “Shazam” hanya akan mencari satu lagu ketika dihidupkan. Sedangkan mode “Auto Shazam” memungkinkan pengguna untuk mencari banyak lagu sekaligus tanpa harus repot mencarinya satu-persatu. Pertama, kita akan membahas mode “Shazam” terlebih dahulu.

Advertisements

Mode Shazam

  • Pertama, bukalah aplikasi seperti biasa.
  • Anggap saja sekarang kalian sedang berada di sebuah tempat yang sedang memutar sebuah lagu, dan kalian ingin mengetahui judul lagu tersebut, langsung saja tap logo Shazam untuk melakukan pencarian.
  • Aplikasi akan melakukan pencarian. Tunggu sebentar hingga aplikasi menemukan kecocokan.
  • Jika aplikasi sudah menemukan kecocokan, maka kalian akan mendapatkan informasi berupa judul lagu, artis, dan album dari lagu tersebut.

Jika aplikasi tidak menemukan kecocokan maka hasil akan ditampilkan sebagai “No Result” atau tidak ada hasil. Selanjutnya, kita akan membahas mode kedua yaitu Auto Shazam

Mode Auto Shazam

Mode ini akan sangat berguna jika pengguna ingin mengetahui daftar lagu apa saja yang sedang diputar di radio, tv atau yang lainnya, karena aplikasi akan melakukan identifikasi secara terus menerus untuk mencari informasi dari sebuah lagu. Nantinya, aplikasi akan membuat daftar lagu yang telah diidentifikasi selama mode auto Shazam dihidupkan.

Terlebih lagi, ini bisa mengidentifikasi lagu di latar belakang. Jadi, pengguna bisa mencari judul lagu ketika sedang menonton YouTube atau yang lainnya pada perangkat yang sama.

Sebagai contoh, ini akan berguna jika pengguna sedang menonton video di YouTube, dan ingin mengetahui background lagu apa yang digunakan oleh video tersebut. Berikut adalah cara menggunakan Auto Shazam.

  • Buka aplikasi Shazam
  • Lalu, tap agak lama logo Shazam untuk melakukan auto Shazam
  • Jika muncul kotak dialog dengan bacaan “You’re about to turn on Auto Shazam”, tap saja bacaan “TURN ON”
  • Maka, aplikasi akan melakukan pencarian secara terus-menerus
  • Untuk mematikannya, silahkan tap lagi logo Shazam

Untuk melihat daftar lagunya, pergi ke “My Shazam”, lalu tap daftar histori dengan judul berupa tanggal saat kalian melakukan Auto Shazam yang dibawahnya terdapat bacaan “Auto Shazam”. Disitu kalian akan disuguhi daftar lagu yang telah diidentifikasi selama Auto Shazam dihidupkan. (RKZ)