Website sebagai media transformasi bisnis

Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW.

Menurut survey jumlah website pada januari 2015 mencapai 876 juta dari 284 juta domain yang terdaftar di seluruh dunia. Dari tahun ketahun website selalu mengalami evolusi baik dari segi interface maupun dari segi fungsi. Berbagai instansipun mulai memanfaatkan website sebagai alternatif dalam mengembangkan kinerja dan produktifitas pekerjaan. Baik dari pemerintahan, sekolah, perusahaan, transportasi, organisasi, kesehatan, perorangan dan banyak lainnya.


Di Indonesia sendiri website berkembang cukup cepat, hal ini dibuktikan dengan tingginya pertumbuhan bisnis digital yang memanfaatkan website sebagai basis utama bisnis. Tentunya hal ini juga membuat perilaku atau pola transaksi dari para konsumen dalam bertransaksi mulai berubah secara teratur, Dimana dulu orang-orang takut dalam melakukan transaksi secara online. para pelaku bisnis traditional pun mulai melakukan evolusi pada model bisnis mereka, dengan menerapkan pola bisnis digital yang tentunya akan membantu usaha mereka lebih cepat berkembang.

Pemanfaatan website dalam membangun usaha menjadi sangat menjanjikan, dengan dukungan fasilitas dan infrastruktur yang memadai membuat pelaku bisnis lebih mudah dalam menerapkan pola bisnis digital. harga smartphone dan perangkat komputer yang semakin murah, kencangnya koneksi internet serta banyaknya penyedia jasa IT sangat membantu dalam membangun bisnis digital secara cepat dan efisien. Sehingga membuat para pelaku usaha semakin tertarik untuk melakukan evolusi dan mencoba model baru dalam bisnis mereka.

Dengan melihat potensi yang ada diindonesia, dimana Ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia, ini merupakan modal besar bagi Indonesia untuk mengembangkan e-commerce dan bisnis aplikasi teknologi digital di Tanah Air. Volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai USD 130 Miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50 persen. Saat ini Pemerintah menaruh perhatian serius dalam mendukung perkembangan teknologi digital di Indonesia. Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama KIBAR mengadakan gerakan national 1000 startup digital yang bertujuan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Advertisements

Sudah banyak startup atau perusahaan digital sukses yang bisa dijadikan acuan dan referensi dalam membangun usaha berbasis website, seperti Bhinneka, Tokopedia.com dan Bukalapak.com sebagai e-commerce terbesar diindonesia, kitabisa.com sebagai media penggalangan dana online, harukaedu.com sebagai media pendidikan online, dan banyak lagi startup besar diindonesia dari berbagai bidang usaha.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
https://news.netcraft.com/archives/2015/01/15/january-2015-web-server-survey.html

Depan