2,9 Juta Data Pengguna Cermati.com Diretas Dan Dijual Bebas Di Internet

Ilustrasi; Peretas. (Forbes)

Dikabarkan sebanyak 2,9 juta data pengguna platform fintech asal Indonesia yakni Cermati.com berhasil diretas. Data tersebut dijual bebas di forum hacker di internet.

Pendiri komunitas Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, mengatakan bahwa data-data yang bocor mencakup nama lengkap, NIK, NPWP, e-mail, kata sandi ( password), nomor telepon, rekening, nama ibu kandung, hingga pekerjaan.

Cermati menjadi salah satu dari 17 perusahaan global yang mengalami kebocoran, total ada 34 juta pengguna bocor.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pihak Cermati lantas mengimbau pengguna untuk melakukan sederet langkah pengamanan akun.

Advertisements

“(Cermati.com) memberikan himbauan kepada para pengguna untuk menjalankan langkah pengamanan secara berkala demi melindungi data dari upaya peretasan,” ujar pihak Cermati.com

Cermati mengaku telah melakukan investigasi dan menghapus akses yang tidak sah untuk memastikan data pengguna tetap terjaga. Kendati demikian, Cermati tak mengatakan jumlah data pengguna yang dicuri oleh peretas.

Untuk meningkatkan keamanan, Cermati menggandeng lembaga pemerintah dalam hal ini Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk melakukan investigasi kejadian ini.