Aplikasi Info BMKG Raih Penghargaan Internasional

Ilustrasi; WMO International Weather Apps Awards. (WMO)

Baru-baru ini aplikasi Info BMKG berhasil memenangkan penghargaan dari Organisasi Meteorologi Dunia atau World Meteorological Organization (WMO) di International Weather Award Apps Award 2020.

WMO merupakan ajang bergengsi bagi para developer aplikasi yang bergerak di bidang cuaca di dunia.

“Penghargaan ini bentuk pengakuan dunia internasional terhadap BMKG. Penghargaan ini berhasil diraih berkat kerja keras semuanya,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya, Rabu (16/12).

Dalam pengumunan pemenang yang dilakukan secara virtual pada selasa (15/12 malam, aplikasi info BMKG menang untuk katagori Wheather information for sectoral/specialised users (aviation marine, health, others).

Advertisements

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh insan BMKG dengan menggunakan open data BMKG dan dapat diunduh secara gratis di Apps Store serta Google Play.

Dimulai sejak 2016, fitur dalam aplikasi Info BMKG pun terus dikembangkan, terakhir dengan menambahkan fitur dual bahasa yaitu Indonesia dan Inggris sehingga harapannya ke depan aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan di dunia.

Melalui Info BMKG, masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi tentang cuaca, gempa, peta iklim, kualitas udara, cuaca maritim, cuaca bandara, titik panas, peringatan dini dan lainnya.

Hingga saat ini, Info BMKG telah di unduh sebanyak 6.640.000 pengguna berbasis android dan 572.000 pengguna iOS.