Bakal Geser Android, Huawei Rilis Harmony OS 2.0

Ilustrasi; HarmonyOS 2.0. (Huawei Central)

Huawei resmi merilis sistem operasi HarmonyOS 2.0 versi beta, yang mendukung smartphone. Hal ini jadi pertanda Huawei semakin siap untuk meninggalkan Google Android.

Menurut President of Huawei Consumer Business Software, Wang Chenglu, HarmonyOS 2.0 SDK (software development kit) versi akan beta mulai tersedia pada tanggal 18 Desember mendatang.

Sementara, Chenglu mengatakan bahwa sistem operasi HarmonyOS 2.0 rencananya bakal digunakan di perangkat smartphone Huawei pada awal tahun 2021.Huawei tidak menyebutkan secara rinci fitur apa saja yang hadir pada HarmonyOS 2.0.

HarmonyOS sendiri dirancang untuk konsep Internet of Everything (IoT). Nantinya, beberapa aplikasi bakal berjalan di perangkat cerdas seperti ponsel, tablet, mobil, dan perangkat lain yang memiliki layar.

Advertisements

Huawei memberi dua opsi kepada para pengembang untuk mendapatkan versi beta HarmonyOS 2.0 beta. Pertama, pengembang bisa menggunakan simulator jarak jauh di Huawei DevEco Studio dengan mengunduh versi DevEco Studio 2.0 Beta3 dari situs HarmonyOS.

Selain smartphone, HarmonyOS 2.0 juga akan digunakan di perangkat lain seperti PC, smartwatch, smart speaker, smart TV, tablet, hingga head unit yang terpasang di dalam mobil.

HarmonyOS 2.0 ini ditargetkan rilis pada 2021 dan diluncurkan lebih dari 100 juta perangkat di dunia.