Aplikasi Kecilin Raih Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020

Ilustrasi; Aplikasi Kecilin. (Lesourdevillard)

Aplikasi Kecilin VPN+ yang dikembangkan Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018, Christopher Farrel, didaulat sebagai aplikasi terbaik pada ajang Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020. Ajang yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini bertujuan mengapresiasi kreatifitas dan karya anak bangsa.

Farrel, sapaan akrabnya mengembangkan Kecilin sejak 2018. Pria kelahiran 1 Agustus 2000 ini mengembangkan Kecilin berbekal dari dukungan investor dan hibah hadiah pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018.

Berbasis di Yogyakarta, Kecilin banyak bekerja sama dengan talenta digital asal Kota Gudeg itu. Sebagian talenta digital juga berasal dari Malang.

Melalui aplikasi Kecilin VPN+, masyarakat dapat mengakses aplikasi populer seperti Instagram, Twitter, Facebook, Youtube bahkan game online dengan menghemat kuota hingga 20% dengan koneksi yang lebih cepat.

Advertisements

Menurut Farrel, pihaknya bangga terhadap penghargaan tersebut dan semakin memacu semangat tim untuk terus mengembangkan aplikasi Kecilin VPN+, agar masyarakat diberbagai belahan Indonesia dan dunia bisa mendapatkan akses internet cepat dan terjangkau.

“Masalah Internet terutama buffering pasti dirasakan oleh pengguna jaringan, dengan hanya berlangganan Rp 5.000 per bulan, masyarakat dapat merasakan keunggulan dari Kecilin yaitu konsumsi data internet yang lebih rendah, loading lebih cepat, dan yang menarik juga adalah Kecilin dapat mengakses data tanpa blokir,” terang Farrel.

Selain menjadi solusi internet yang hemat untuk masyarakat, lanjut Farrel, Kecillin juga memiliki produk B2B berupa API yang dapat digunakan oleh perusahaan yang mengalami permasalahan storage data yang membengkak serta transfer data yang mahal dan juga lama.

Dengan API Kecilin, perusahaan dapat menghemat database, gambar, video, dan dokumen tanpa kehilangan kualitas aslinya. “Kehadiran Aplikasi Kecilin merupakan respon kami terhadap berkembangnya industri digital, dimana dipastikan akan semakin besar jumlah data yang harus disimpan maupun diproses. Kami optimis Kecilin dapat dirasakan manfaatnya secara global,” yakin Alexander Rusli sebagai salah satu pemegang saham di Kecilin.