Cara Screenshot Di Laptop Windows Dan Macbook

Ilustrasi; Tutorial Screenshot di laptop. (Noobie)

Screenshot, print screen, atau screen capture merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hari. Banyak hal yang menuntut kita untuk mengambil screenshot, mulai dari tugas kampus, pekerjaan, dan lainnya.

Screenshot adalah gambar tampilan dari sebuah layar yang diambil dari suatu gadget tertentu seperti komputer atau pc, laptop, smartphone, tablet, dan lain-lain. Cara melakukan screenshot pada setiap device berbeda.

Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengambil screenshot di komputer Windows ataupun Mac. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. Sedangkan cara yang lainnya adalah dengan menggunakan program khusus atau tool screen capture online.

Berikut cara screenshot di laptop Windows dan Macbook yang dapat dicoba untuk membantu perkerjaan kamu:

Advertisements

Cara screenshot pada laptop Windows

  1. Siapakan tampaialan yang di SS, kemudian Tekan tombol Windows dan Print Screen bersamaan untuk menangkap seluruh layar
  2. Buka program pengeditan gambar seperti: Microsoft Paint, GIMP, Photoshop, PaintShop Pro atau langsung tampilkan dilembar kerja Ms. word.
  3. Kemudian paste atau dengan menekan tombol “Ctrl+V” pada program edit layar. Lalu “Save” dengan format .Jpg atau .Png dan simpan pada folder.

Atau menggunakan aplikasi bantuan. Aplikasi yang biasa digunakan pada windows menggunakan Snipping Tool.

Cara screenshot pada laptop Macbook

  1. Menggunakan Kombinasi Tombol Command + Shift + 3. Hasil dari Screanshoot akan akan tersimpan pada dekstop dengan format .png.
  1. Menggunakan Kombinasi tombol Command + Shift + 4. Cara screenshot ini biasa digunakan untuk mendapat hasi screenshot sebagian. Setelah menekan tombol tersebut akan tampil kursor yang berubah crosshair atau kotak garis tipis berbentuk bingkai. Kemudian, drag yang ingin di screenshot.
  1. Menggunakan Kombinasi tombol Command + Shift + 6. Bagi pengguna Macbook Pro yang memiliki Touch  Bar dengan  MacOS 10.12.2 atau versi atasnya. Screenshot dapat dilakukan dengan Touch Bar dengan cara menekan Shift + Command + 6. Kemudian, gambar akan tersimpan di dekstop dengan format .png.