Desas-Desus WhatsApp Mulai Ditinggalkan?

Ilustrasi; Aplikasi Signal, Pesaing WhatsApp. (The Financial Express)

Sempat menghebohkan warganet setelah terbitnya kebijakan baru aplikasi pesan WhatApp terkait berbagi data dengan Facebook pada awal 2021. Kabarnya WhatsApp mulai ditinggalkan oleh pengguna dan mulai melirik aplikasi alternatif yang serupa.

Laporan Sensor Tower yang diumumkan Kamis (7/1/2021) lalu, menyatakan jumlah instalasi WhatsApp merosot mencapai 13 persen. Anak usaha Facebook itu diunduh sebanyak 1,3 juta kali berbeda dengan tujuh hari pertama di awal tahun yang mencapai 10,3 juta download, dikutip Daily Mail, Selasa (12/1/2021).

Advertisements

Adapun aplikasi pesan serupa pesaing seperti Signal dan Telegram naik cukup masif. Lebih dari 100.000 pengguna memasang Signal dari toko aplikasi Apple dan Google dalam dua hari sedangkan Telegram mendapatkan hampir 2,2 juta kali download.

Namun demikian, posisi sejauh ini masih merajai sebagai layanan pesan paling populer dengan kemudahan pemakaian, kaya fitur, dan banyak orang terlanjur menggunakannya. Kontroversi yang ada sejauh ini belum menggoyahkan mereka secara signifikan.