Digitalisasi Pasar Rakyat, Kemendag Bermitra Dengan Tokopedia

Ilustrasi; Tokopedia. (Tokopedia)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng Tokopedia sebagai mitra untuk meningkatkan daya saing pasar rakyat melalui program digitalisasi pasar rakyat.

Komitmen tersebut diimplementasikan Kemendag dengan menggandeng PT Tokopedia sebagai mitra strategis melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Peningkatan Daya Saing dan Penyediaan Fasilitas Ruang Promosi Melalui Digitalisasi Pasar Rakyat dengan Memanfaatkan Aplikasi Tokopedia. Penandatanganan dilakukan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra dengan Direktur PT Tokopedia Leontinus Alpha Edison di Bandung, Jawa Barat, Selasa (29/12).

Durasi pelaksanaan MoU dan perjanjian kerja sama ini berlaku selama tiga tahun dan dapat dievaluasi sesuai kesepakatan. Sebagai proyek percontohan (pilot project) pelaksanaan digitalisasi pasar tersebut, kini Pasar Sehat Sabilulungan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat telah aktif di Tokopedia (https://tokopedia.link/KZFE6EJEfcb).

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, digitalisasi tersebut agar pasar rakyat dapat berkompetisi dengan pusat perbelanjaan modern, serta mampu menjadi penggerak perekonomian daerah.

Jerry mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 dan pembatasan jumlah pengunjung ke pasar rakyat, maka belanja daring menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam berbelanja. Di sisi lain, model bisnis ini juga menjadi cara pelaku usaha bertahan di tengah pandemi.

Advertisements

Berdasarkan rilis data Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan, penjualan produk di media sosial dan marketplace pada 2020 mencapai Rp 446,75 triliun. Nilai ini naik 400 persen dibanding 2017 yang tercatat sebesar Rp 124,9 triliun.

Dengan kerja sama tersebut, para pengelola pasar rakyat dapat mengembangkan usahanya secara elektronik yang kemudian dapat meningkatkan omzetnya.

Adapun saat ini Pasar Sehat Sabilulungan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat menjadi proyek percontohan (pilot project) dari pelaksanaan digitalisasi pasar rakyat.

Dukungan Tokopedia untuk program Digitalisasi Pasar Rakyat diharapkan dapat membantu lebih banyak pelaku usaha, khususnya UMKM untuk beradaptasi demi menjaga usahanya tetap berjalan dan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi Indonesia.