Instagram Hapus Ratusan Akun Curian

Ilustrasi; Pengguna Media Sosial. (The Globe Post)

Maraknya pencurian akun media sosial, Facebook menindak pelaku pencurian akun Instagram dengan menghapus akun-akun hasil curian, juga akun pelaku.

Diduga pelaku pencurian akun Instagram ini adalah orang-orang terkenal di komunitas bernama OGUsers.

Mengutip Bloomberg, Sabtu (6/2/2021), Facebook selaku induk Instagram sebelumnya mengirimkan surat kepada kelompok OGUsers. Surat tersebut berisi perintah penghentian operasi OGUsers, di mana Facebook juga berkoordinasi dengan penegak hukum atas langkah ini.

OGUsers merupakan kelompok hacker yang berfokus mendapatkan nama pengguna langka dengan kurang dari lima huruf saja. Misalnya akun @h4ck atau @sick. Akun-akun langka ini cukup berharga jika dijual kembali dan dipakai untuk username Instagram.

Advertisements

Facebook sebagai pemilik Instagram memiliki aturan terkait penjualan akun. Menurut juru bicara Facebook, mereka yang terlibat dalam peretasan dan jual beli akun ini sudah dikenal dalam komunitas jual beli akun.

Menurut juru bicara Facebook, para peretas bisa mencuri akun para pengguna lewat teknik phishing dan SIM swap. Sehingga, peretas bisa mendapatkan akses ke telepon pengguna dan masuk ke akun tersebut.

Ini adalah pertama kalinya Facebook melakukan penindakan tegas terhadap aktivitas mereka yang terlibat dalam forum jual beli akun curian itu.