Kabar Duka, Penemu WiFi Tutup Usia

Ilustrasi; Norman Abramson. (Ommcom News)

Dunia teknologi dikejutkan dengan kabar duka atas meninggalnya sang penemu WIFI Norman Abramson. Setelah berjuang melawan kanker kulit yang dideritanya dan telah menyebar hingga ke paru-paru. Abramson menghebuskan nafas terakhir pada 1 Desember 2020 diusia 88 tahun.

Pria bernama lengkap Norman Manuel Abramson ini lahir di Boston, Massachussetts, 1 April 1932. Dia lulus dari Universitas Harvard tahun 1953 dan melanjutkan gelar masternya di jurusan fisika di Universitas California tahun 1955.

Sepanjang hidupnya, Abramson hanya menghabiskan waktunya pada dunia teknologi khususnya jaringan komputer nirkabel.

Advertisements

Abramson juga dikenal sebagai pemimpin sekelompok ilmuwan dan insinyur yang mempelopori pengembangan jaringan komputer nirkabel. Dari berbagai riset dan penemuannya, ada satu yang menjadi cikal bakal jaringan internet nirkabel atau WiFi.

Proyek ini dikerjakan Abramson untuk mengembangkan sebuah teknologi berbasis radio yang nantinya dapat membantu sekolah atau kampus untuk mengirim maupun menerima data dari lokasi yang terpencil. Proyek ini dilakukan di lokasi terpencil di Hawaii.

Proyek ini dikembangkan berdasarkan prinsip yang sama seperti yang dikembangkan ARPAnet, yang kemudian dikenal sebagai cikal bakal internet modern. Proyek teknologi jaringan radio ini kemudian dikembangkan menjadi proyek ALOHAnet yang dikerjakannya bersama rekannya, Franklin Kuo. ALOHAnet beroperasi mulai tahun 1971 di Hawaii.