Solusi Hemat Kouta Dan Nyaman Saat Rapat Menggunakan Aplikasi Zoom

Ilustrasi; Zoom Meeting. (Time Magazine)

Sejak pandemi Covid-19 merebak diberbagai negara. Penggunaan video conference menajadi meningkat. Hal itu disebabkan kebijakkan pembatas interksi sosial. Sehingga banyak aktivitas dilakukan secara daring/online.

Salah satu platform yang digunakan adalah aplikasi zoom. Sejak pandemi platform ini mengalami peningkatan pengguna hingga 169% selama kuartal 1 pada tahun 2020.

Platform ini bisa dikatakan memiliki fitur yang lengkap. Tetapi, tidak harus semua digunakan saat menggunakan platform ini. Hanya yang dibutuhkan saja.

Selain itu, aplikasi ini biasa dilakukan dengan durasi panjang. Sehingga dalam penggunaan nya ada saja keluhan yang ditemukan salah satunya adalah koneksi tidak stabil.

Kali ini kami berbagi tips agar menggunakan aplikasi zoom kamu stabil dan cara ini juga dapat menghemat penggunaan kouta internet kamu.

1. Matikan Kamera

Mematikan kamera merupakan salah satu solusi agar penggunaan kouta internet kamu boros. Biasa solusi ini bisa dilakukan jika kamu sedang melakukan aktivitas yang tidak formal dan tidak terlalu resmi.

2. Matikan Kualitas Video HD

Pastikan kamu tidak mengaktifkan Kamera dengan kualitas HD jika tidak diperlukan. Sebab, resolusi HD memerlukan lebih banyak data.

Advertisements

3. Berbagi Layar Jika Dibutuhkan

Pastikan untuk berhenti membagikan layar (sharing screen) ketika kamu tidak perlu lagi menampilkan presentasi. kamu juga bisa meminta partisipan lain untuk mematikan opsi berbagi layar ketika presentasi sudah selesai.

4. Mematikan Audio

Meskipun tidak menggunakan bandwidth sebanyak video kamu, kamu juga dapat mengurangi bandwidth dengan mematikan audio saat kamu tidak berbicara. Gunakan tombol bungkam/mute di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mengaktifkan dan menonaktifkan audio kamu.

5. Gunakan Opsi Perekaman Cloud

Ketika melakukan rapat, kamu dapat memanfaatkan opsi perekaman video conference di layanan cloud yang disediakan oleh Zoom. Nantinya, rekaman video akan langsung ditransfer ke layanan cloud, sehingga tidak perlu di-upload kembali dari komputer.

6. Tidak Menjalankan Aplikasi Online Lain.

Tingkatkan keseluruhan kinerja Zoom kamu dengan tidak menjalankan aplikasi lain selama rapat yang mungkin juga menggunakan sebagian besar bandwidth kamu. Contoh program intensif data mungkin termasuk streaming video atau situs musik.