Tahun Depan Android Versi Lawas Tak Bisa Akses Website

Ilustrasi: Pengguna Android Lawas. (Cashify)

Bagi anda pengguna Android sebaiknya segera memperbarui perarangkat anda ke versi terbaru. Sebab, beredar kabar bahwa pengguna Android lawas tahun depan tak dapat mengakses website aman.

Menurut laporan Android Police disebutkan, Certificate Authority Let’s Encrypt mengingatkan bahwa smartphone yang menjalankan OS Android sebelum 7.1.1 Nougat tak akan bisa menjalankan sertifikasi keamanan Let’s Encrypt mulai 2021.

Seingkatnya, perangkat Android versi 7.1.1 kebawah tak dapat mempercayai sertifikat Let’s Encrypt.

Let’s Encrypt adalah salah satu otoritas sertifikat terkemuka di dunia, dan sertifikat grup digunakan oleh sekitar 30% dari semua domain web.

Hal tersebut berdampak banyak situs web dapat mengalami masalah atau gagal memuat seluruhnya jika sertifikat yang tepat tidak diinstal pada perangkat. Hal ini lah yang akan terjadi pada perangkat Android lawas mulai tahun depan.

Advertisements

Menurut Forbes, ada 220 juta website yang akan terdampak dari kebijakan ini, sehingga mungkin website akan gagal dianggap aman bagi para pengguna Android versi 7.1.1 ke bawah.

Let’s Encrypt sendiri merupakan proyek yang bertujuan untuk membuat implementasi HTTPS lebih mudah bagi website.

Organisasi akan menghentikan cross-signing default untuk sertifikat yang mengaktifkan fungsi ini pada 11 Januari 2021. Selanjutnya, kemitraan cross-signing akan dihentikan sepenuhnya pada 1 September 2021.

Let’s Encypty mencatat, ada sekita 33,8 persen atau penggua Android di Google Play yang masih menjalankan versi Android lebih lawas dari Android 7.1. Artinya, pengguna Android versi lawas lebih dari 800 juta.