Temukan Berita Palsu ‘meme’ Dengan Trik Google Sederhana

Ilustrasi; Menemukan Berita Palsu. (The Conversation)

Meme atau gambar yang bercerita senantiasa menghiasi dunia maya, baik itu media sosial atau pun layanan pesan instan. Bahkan, kehadirannya selalu terbarukan seiring dengan kejadian sehari-hari di sekitar kita.

Mengenai meme yang mudah sekali menjadi viral atau jadi virus di internet, para peneliti berhasil mengungkapkan penelitian terhadap gambar-gambar tersebut. Peneliti yang bernama Keith Shubeck dan Stephanie Huette dari Universitas Memphis, Amerika Serikat, mengungkapkan rahasia viral di balik meme.

Memanariknya meme bukan hanya sebuah gambar tanpa pesan. Biasanya meme menampilkan pesan politik yang membingkai gambar yang menarik – sering berubah menjadi menyesatkan atau benar-benar palsu. Biasanya, foto dari acara yang berbeda telah terpasang dengan deskripsi sesuatu yang tidak terjadi atau tidak memiliki konteks.

Untungnya, ada trik Google yang dapat membantu Anda mencari tahu kejadian sebenarnya, dan memungkinkan Anda menemukan sumber asli gambar. Ini adalah pencarian gambar terbalik. Hal ini mudah dilakukan, dan mungkin hanya membuat Anda merasa seperti detektif brilian.

Advertisements

ini tidak hanya berguna untuk berita palsu. Pencarian gambar terbalik juga dapat membantu Anda mendeteksi penipuan pada situs kencan atau real estat.

Selanjutnya, bagaimana Cara menjalankan pencarian gambar terbalik untuk berita palsu.

Ada beberapa opsi untuk cara melakukan pencarian gambar terbalik. Pertama, buka Google Gambar pada browser web Safari, Firefox, atau Chrome Anda.

  1. Klik pada gambar dan tahan. Lalu seret ke kolom pencarian Google Gambar pada jendela lain.
  2. Ambil tangkapan layar gambar dan seret file itu ke bidang pencarian. (Anda juga dapat mengupload file dari bilah pencarian Google Gambar, jika mau.)
  3. Klik kanan pada gambar dan pilih “buka gambar pada jendela lain.” Salin URL lalu tempelkan ke kolom pencarian Google Gambar.
  4. Jika Anda menggunakan Chrome, klik kanan pada gambar dan pilih, ” penelusuran Google untuk gambar”.

Hasilnya akan memberi tahu Anda konteks lain apa foto telah muncul. Itu akan membantu Anda melihat beberapa posting mencoba menjual objek yang sama. Ini juga akan membantu Anda menemukan daftar real estat duplikat, yang mungkin belum terposting oleh orang yang sama.