Makin Liar, Beredar Informasi Hoax Via WhatsApp

Ilustrasi; Informasi Hoax. (kominfo.go.id)

Beberapa waktu yang lalu beredar informasi palsu atau hoax seputar penyadapan smartphone melalui aplikasi chatting WhatsApp. Pesan tersebut berisi cara seseorang dapat mengetahui apakah smartphone nya disadap atau tidak. Cara nya seseorang bisa mengecek ponsel dengan mengetik #21#.

adapun isi pesannya seperti berikut:

“Kepada rekan-rekan untuk berhati-hati dari kemungkinan penyadapan nomor HP kita. Anda bisa melakukan pengecekan sekarang juga di hp anda sendiri dengan mengetik :*#21#Lalu tekan/sentuh tombol Call. Maka akan ada respon dengan memunculkan tampilan :

Voice : Tidak diteruskan

Data : Tidak diteruskan

Faks : Tidak diteruskan

SMS : Tidak diteruskan

Paket : Tidak diteruskan

Advertisements

PAD : Tidak diteruskan

Sinkron : Tidak diteruskan

Tidak Singkron : Tidak diteruskan

Apabila ada salah satu yg DITERUSKAN, maka bisa dipastikan Nomor anda telah disadap!!! Semoga Bermanfaat…,” tulis pesan tersebut.

Unt mematikan smua penyadapan tekan ##002# yess

Penjelasan mengenai pesan hoax ini diperjelas dengan keterangan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui situs resminya. kutip dari Kominfo.go.id, Rabu (9/9/2020), dijelaskan bahwa kategori informasi ini adalah Hoax.

Adapun faktanya, dilansir dari liputan6.com kombinasi #21# sebenarnya digunakan untuk mengaktifkan call forwarding atau pengalihan panggilan. Adapun fitur tersebut akan mengalihkan panggilan yang masuk ke nomor utama apabila tidak dapat dihubungi. Pratama Persada sebagai Pakar Keamanan dan Kriptografi juga menyebutkan bahwa kabar itu tidak benar. Menurutnya, fitur ini memang digunakan untuk mengalihkan panggilan masuk.