Memanfaatkan Framework Untuk Membangun Aplikasi Dengan Mudah dan Cepat

Dalam membangun atau mengembangkan sebuah aplikasi baik itu aplikasi desktop, mobile dan web seringkali kita mengalami kesulitan karena harus mendesain form/halaman dan mengetik script yang sama dalam membangun aplikasi. Belum lagi harus mencari referensi dari berbagai sumber saat membuat beberapa fungsi yang dibutuhkan untuk aplikasi yang sedang kita kerjakan. sehingga menghabiskan banyak waktu dalam proses pengembangan, belum lagi susunan script yang tidak tersusun dengan rapi dan banyaknya script yang yang kita ketik seharusnya bisa disederhanakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menggunakan framework dalam pembuatan dan pengembangan sebuah aplikasi. Framework atau dalam bahasa indonesia yaitu kerangka kerja merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga bisa lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programer, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal.

Adapun bebrapa alasan mengapa sebaiknya menggunakan framework yaitu :

  • Mempercepat dan mempermudah dalam membangun sebuah aplikasi
  • Memudahkan dalam proses perawatan dan pengembangan aplikasi, karena framework sudah memiliki pola dan struktur tertentu
  • Framework juga menyediakan fasilitas-fasilitas umum yang selalu digunakan dalam pengembangan/pembuatan aplikasi sehingga tidak perlu membangun dari awal seperti validasi, penanganan error, pengaturan session, security, dll.

Saat ini hampir semua bahasa pemrograman baik itu untuk aplikasi desktop, web maupun mobile menyediakan berbagai macam framework. Mulai dari PHP, Visual Basic, C#, Javascript, Delphi, ASP.Net, Ruby, dll. Bahkan css yang bukan merupakan bahasa pemrograman juga menyediakan framework dalam pengembanga design web yang lebih mudah dan dinamis.  Dengan support yang baik dari pihak pengembang framework tentunya dapat lebih memudahkan kita dalam menerapkan framework kedalam aplikasi yang akan di kembangkan, mulai dari dokumentasi hingga forum tanya jawab dan berbagi untuk sesama pengguna framework.

Advertisements

Adapun beberapa framework popular saat ini diantaranya :

  • Dot Net Framework untuk Visual Basic.NET, C#, ASP.NET dan bahasa yang include dalam Visual Studio.
  • Spring, Raudus untu Delphi
  • Codeigniter, Laravel, Yii, Cake untuk PHP
  • JQuery, Angular JS, React JS, Meteor untuk JavaScript
  • Ruby on Rails, Hanami, Padrino untuk Ruby
  • Django, Flask, Pyramid untuk Python
  • Bootstrap, Materialize, Pure CSS, YAML untuk CSS
  • Dan banyak lagi framework lainnya.

Sebelum menggunakan framework diatas sebaiknya sudah memahami masing-masing bahasa dari framework yang akan digunakan, sehingga tidak mengalami kesulitan saat menerapkan/menggunakan framework kedalam aplikasi yang dibangun.

Kita juga bisa membangun framework sendiri yang sesuai dengan kebutuhan dari aplikasi yang akan kita buat. yaitu dengan membuat kumpulan dari class, fungsi dan desain yang kita butuhkan untuk nantinya diterapkan pada aplikasi yang kita kembangkan sehingga akan memudahkan dalam membangun aplikasi selanjutanya.