Memudahkan Desainer Grafis, Adobe Tambah Edit Fitur Kolaborasi

Ilustrasi; Adobe Creative Cloud. (ProDesignTools)

Adobe perkenalkan fitur baru yang memungkinkan desainer grafis mengerjakan file yang sama di aplikasi Photoshop, Ilustrator, ataupun Fresco.

ketiga aplikasi tersebut telah mendapatkan fitur yang disebut invite to edit, untuk mengundang kolaborator dengan cara mengetik alamat email dan memberi akses ke file project yang sedang Anda kerjakan.

Namun perlu diketahui, tim kolaborotor tidak dapa mengedit pada waktu yang sama. Tetapi mereka akan dapat membuka pekerjaan Anda, membuat perubahan sendiri, menyimpannya, dan baru kemudian perubahan tersebut disinkronkan kembali ke komputer Anda. Jika selesai, pengguna diberi pilihan untuk membuat salinan atau menunggu proses editing selesai.

Advertisements

Selain itu, sinkronisasi tidak tejadi secara real-time. Meski demikian, fitur ini cukup membantu alur kerja dari pada harus mengirim file bolak-balik melalui email.

Fitur ini bekerja pada file .PSD dan .AI yang disimpan ke Adobe Creativ Cloud. Adobe juga menyediakan fitur riwayat versi file, hal ini guna memastikan kolaborasi dapat berjalan dengan semestinya.

Adobe terus meningkatkan layanan kolaborasi ke Creative Cloude untuk menyatukan layanan aplikasinya dengan harapan platform ini cepat, sederhana, dan handal.