Menampilkan file atau folder yang tersembunyi/hidden oleh Virus pada Flashdisk

Seringkali kita menemukan kasus dimana saat kita mencolokkan flashdisk di PC atau Laptop, pada saat membuka Flashdisk terebut file atau folder dalam Flashdisk kosong atau tidak ada. Padahal sebelumnya Flashdisk kita memiliki banyak file atau folder didalamnya. Bagi yang menemukan kasus seperti ini agar tidak panik dan melakukan jalan pintas seperti memformat Flashdisk. Tentunya ini akan berdampak kehilangan data, Belum lagi data yang ada merupakan data penting.

Kasus seperti ini sering terjadi bagi pengguna windows, dimana kemungkinan besar hal ini dikarenakan Komputer Windows yang kita gunakan pada saat mencolok Flashdisk terdapat virus yang bisa menyembunyikan file atau folder pada Flashdisk yang terdetek di windows. Sebenarnya file atau folder yang kita miliki tidak hilang atau terhapus, dimana file atau folder masih terpadat pada flashdisk, hanya saja atribut pada file dirubah menjadi Hidden dan Protected by Operating System sehingga file atau folder disembunyikan atau tidak ditampilkan.

Untuk mengetahui apakah file pada Flashdisk masih ada bisa dengan mengecek penggunaan space pada flashdisk, adapun langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Klik kanan pada drive lalu pilih properties.

tangkapan-layar-2016-10-16-18-11-10

  • Cek apakah ada ruang yang digunakan, ini bisa dilihat pada tulisan used space, jika ada maka file pada flash disk masih ada.

tangkapan-layar-2016-10-16-18-12-58

Advertisements

Jika penggunaan space pada flashdisk masih ada, maka file pada flashdisk bisa ditampilkan kembali. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhidden, mulai dengan menggunakan tools/software pihak ketiga maupun secara manual menggunakan tools yang disediakan windows yaitu Command Prompt. Pada tutorial ini kita akan menggunakan Command Prompt untuk menampilkan kembali file atau folder yang terhidden. Adapun langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Buka Command Prompt dengan pencet tombol windows + r secara bersamaan pada keyboard lalu ketikkan “cmd” tanpa tanda petik kemudian enter.

tangkapan-layar-2016-10-16-18-14-01

  • Setelah tampil Command Prompt, ketikkan perintah dengan format “{drive}:”, misalkan drive flashdisk E maka ketikan “E:” tanpa tanda petik kemudian enter.

tangkapan-layar-2016-10-16-18-15-33

  • Setelah itu ketikkan perintah “attrib –s –h /s/ d” tanpa tanda petik.

tangkapan-layar-2016-10-16-18-16-28

  • Tunggu beberapa saat, setelah itu drive akan kembali ditampilkan.
  • Periksa Flashdisk anda, maka semua file atau folder telah ditampilkan.

Adapun fungsi dari perintah yang kita ketikkan pada Command Prompt yaitu :

  • “attrib” yaitu perintah untuk memberikan atribut pada file atau folder.
  • “-s” menghilangkan atau menghapus ataribut protected by sistem pada file atau folder.
  • “-h” menghilangkan atau menghapus ataribut hidden pada file atau folder.
  • “/s” memproses semua file.
  • “/d” memproses semua folder.