Microsoft Word Hadirkan Fitur Baru, Rekaman Suara Jadi Teks

Ilustrasi; Microsoft Word. (officecommsoffice)

Microsoft baru saja merilis fitur baru Office miliknya, Microsft Word. Dengan adanya fitur baru, pengguna dimudahkan untuk mengubah suara atau audio menjadi teks.

Fungsi dari fitur ini mirip dengan yang sudah ada sebelumnya yaitu Live Transcribe milik google. Dimana, pengguna cukup menggunakan perangkat mikrofon dan Word mengubahnya audio ke format teks.

Namun bedanya, fitur baru milik Word ini dapat membedakan antara pembicara dengan pembicara lain yang ada dalam rekaman menggunakan kecerdasan buatan (AI). Sehingga hasil dari transkip akan sesuai dengan siapa saja yang berbicara.

Advertisements

Tidak hanya itu, bedanya dengan fitur milik Google, fitur ini dapat mengubah audio yang diunggah ke format teks. Fitur ini mendukung kapasitas audio 200 MB dan bisa digunakan diberbagai macam format audio diantaranya MP3, WAV, dan MP4. Namun, Microsoft membatasi durasi ukuran file audio yang diunggah, hanya 5 jam perperiode dalam sebulan.

Fitur ini baru tersedia bagi pengguna yang berlangganan layanan Microsoft 365 dan bisa digunakan pada Microsoft Word versi online (web).

Untuk sementara fitur ini hanya bisa digunakan audio untuk bahasa Inggris. Meskipun demikian, Microsoft akan melakukan pengembangan dengan lebih banyak bahasa. Kedepan, Microsoft membawa fitur ini ke aplikasi Word di Android dan iOS setidaknya akhir tahun ini.