Pendaftaran Lomba Web Konten Aksara Sunda Diperpanjang

Ilustrasi; Informasi Lomba Web Konten Aksara Sunda. (Pandi.id)

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) memperpanjang masa pendaftaran lomba pembuatan situs web berdomain Aksara Sunda. Mulanya pendafataran ditutup 25 November 2020 diperpanjang hingga 31 Januari 2021.

Putusan ini dilakukan untuk memberi kesempatan kepada calon peserta agar lebih mateng dalam persiapan karya. Selain itu, memberi kesempatan kepada pendaftaran baru, terutama dari kalangan masyarakat yang ingin berkontribusi dalam ajang ini.

Cahyana Ahmadjayadi, tokoh budaya Sunda, mengatakan bahwa lomba website tersebut mendapatkan animo tinggi di kalangan masyarakat. Dari hasil diskusi dengan teman-teman pegiat aksara Sunda, diputuskan untuk melakukan perpanjangan masa pendaftaran lomba.

Advertisements

Penggunaan aksara Sunda pada website sendiri menjadi syarat penting yang harus dipenuhi agar aksara Sunda bisa didaftarkan dan disahkan oleh lembaga internet dunia. Lomba ini dapat memperkaya publikasi aksara Sunda di internet, juga untuk memelihara bahasa ibu karena sebagian besar konten peserta lomba menggunakan basa Sunda. Hal ini disampaikan oleh Mohamad Shidiq Purnama selaku CRO Pandi.

Untuk informasi, penjurian akan dilakukan mulai dari tanggal 1 hingga 15 Februari, dan pengumuman akan dilaksanakan tanggal 21 Februari, bertepatan dengan Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional.

Momentum pengumuman ini sangat tepat, karena setiap tanggal 21 Februari, UNESCO menyelenggarakan Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional sebagai upaya untuk memelihara bahasa ibu di dunia.