E-Sport Jadi Cabang Olahraga Resmi Di Asian Games 2022

Ilustrasi; Persiapan Asian Games 2020. (CGTN)

E-sports telah resmi masuk sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games 2022, yang juga akan memperebutkan medali di ajang tersebut.

Pengumuman mengenai esports yang menjadi cabang olahraga prestasi di Asian Games 2022 ini tertuang melalui laman situs resmi AESF pada hari ini, 18 Desember 2020.

Masuknya esports menjadi cabang medali di Asian Games 2020 sebenarnya sudah diprediksi karena pada Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, esports sudah menjadi cabang olahraga eksibisi.

AESF menyatakan bahwa keberhasilan menjadi cabang olahraga medali ini tidak lepas dari dukungan Olympic Council of Asia, anggota-anggota AESF termasuk IESPA dan juga komite organisasi lokal serta partner-partner yang mengembangkan esports.

Advertisements

Sejauh ini, panitia penyelenggara belum memberikan detail spesifik terkait bagaimana pertandingan e-sport akan berlangsung dan game apa saja yang akan dipertandingkan.

Sebagai informasi, pada Asian Games 2018 silam ada enam nomor game yang dipertandingkan yaitu Arena of Valor, League of Legends, Hearthstone, Pro Evolution Soccer, Starcraft, dan Clash Royale.

Dengan dimasukkannya e-sport ke dalam cabor resmi, menandakan bahwa gaming telah diakui sebagai olahraga dalam ajang multi-olahraga terkemuka, seperti Asian Games.