Siap Hadapi Semester Ganjil? Simak 4 Tips Kuliah Di Era New Normal

Ilustrasi; Kuliah Online. (Analytics India Magazine)

Sejak pandemi Covid19 mewabah diberbagai negara tak terkecuali Indoensia. Kebijakan pemerintan untuk memutus rantai penyebaran Covid19 berdapak pada sebagian besar aktivitas. Biasanya aktifitas dilaksanakan secara langsung/offline saat ini dialihkan secara online/daring termasuk perkuliahan. Namun, banyak kendala yang dihadapi selama beraktivitas secara daring baik teknis maupun nonteknis.

Tahun ajaran baru 2020/2021 akan segera dimulai. Hampir dipastikan perkuliahan tahun ini dilaksanakan secara daring. Oleh karena itu, butuh persiapan agar terhidar dari masalah-masalah yang dapat mengganggu aktivitas perkuliahan kamu. Siap tidak siap, kamu harus membiasakan diri selama adaptasi kebiasaan baru selama perkuliahan berjalan.

Kali ini Logiccomunnity berbagi tips, agar perkulian kamu berjalan dengan lancar di era new normal.

  1. Selalu Update Informasi Seputar Perkuliahan

Pastikan bahwa kamu mengetahui seputar informasi perkuliah. Mencari informasi sebanyak-banyaknya akan bermanfaat agar kamu tidak ketinggalan agenda perkuliahan di kampusmu. Selain mengikuti informsi di web resmi kampusmu, kamu juga perlu mencari informasi dari sumber lain seperti dosen, memantau chat grup kuliah, atau melalui orbran dengan teman sekelas kamu.

Advertisements
  1. Perangkat elektonik dan Koneksi Internet dalam keadaan Baik

Kesuksesan perkuliahan kamu tahun ini sangat bergantung dengan perangkat elektronik (laptop atau Hanphone) dan koneksi Internet pastikan semua itu dalam keadaan stabil. Oleh karena itu, selalu cek persiapan teknis sebelum memulai perkuliahan agar perkuliahan kamu berjalan lancar.

  1. Jangan Menyepelekan Hal-Hal Ringan

Walaupun pelaksanaan perkuliahan tidak bertatap muka langsung dengan dosen atau pengajar. Jangan pernah sepelekan hal-hal yang biasa kita lakukan seperti perkuliah langsung/offline. Seperti memperisapkan diri sebelum perkuliahan dimulai dari mandi, pakaian rapi, dan mencari tempat yang nyaman agar tetap fokus. Selain itu, kamu juga harus menyipkan buku catatan agar bisa mencatat semua hal-hal penting dan juga buku catatan bisa difungsikan untuk mencatat semua jadwal perkuliahan kamu.

  1. Pertahankan Pola Hidup Sehat.

Adaptasi kehidupan baru di era new normal tentu butuh persiapan. Jaga pola hidup sehat adalah hal yang paling penting agar kondisi kesehatan tetap terjaga di masa pandemi. Mulai dari makan makanan yang sehat. Kemudian, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti olahraga dan bercocok tanam untuk mengurangi kejenuhan dan menghindar stres salama beraktiftas dirumah.